LDR Mencintai Lewat Kata ( Oneshoot )


BY : Uko Arkilio

Apakah kamu pernah mencintai seseorang lewat kata-katanya di facebook atau social media lainnya? Atau kamu pernah jatuh cinta hanya karena melihat fotonya di jejaring sosial. Oh itu sama sekali membuat bimbang. Hal ini dirasakan oleh Putra. Sudah hampir seminggu ini dia benar-benar mengagumi sosok Damar. Bagaimana tidak, hampir setiap hari dia selalu stalking facebooknya. Semenjak tanpa sengaja dia ngeadd Damar dari teman yang disarankan, Putra jadi tidak karuan. Apalagi setiap kali Damar update status, dia selalu memberi Like. Upload foto, selalu dia langsung save di memori hapenya. Ah… Damar sudah bikin dia jadi ga karuan. Padahal jelas-jelas, selama seminggu sudah berteman saja Damar belum pernah menyapa. Ibarat kata Putra hanya pengaggum rahasia. Untuk berkomentar pun tidak berani. Padahal dari setiap kali ia buat status, puluhan komentar masuk. Terkadang Putra ingin sekali memberikan komentar, tapi dia takut duluan. Takut tidak dibalas, justru malah kecewa. Walau ia Tahu, respon Damar sama teman-temannya baik.

Malam ini tepat minggu ke empat dibulan Desember, dan mendekati Tahun baru. Putra masih sibuk bermain dengan smartphonenya. Sekedar baca-baca cerita bertema gay di facebook, dan baca status yang mampir di berandanya. Namun betapa terkejut ketika Putra melihat status Damar.

Damar Ardiwiawan
Dulu setahun silam, tepat ditempat yang sama seseorang menemani saya. Menghabiskan malam bersama sambil menikmati malam dengan secangkir kopi. Kini, dia sudah bahagia mungkin dengan orang lain. Ah… belum Move On dari si Jelek…

Baru beberapa menit, puluhan komentar masuk. Biasa ada yang sekedar memberi semangat, pura-pura akrab, dan terlebih banyak sekali yang modus. Begitulah nasib seleb dunia maya, jangankan buat status panjang. Buat satu emoticon pun langsung banjir like dan komentar. Perlahan Putra justru memilih mundur, bahwa ia cukup sekedar mengagumi saja.

Blup

Sebuah pesan masuk

Damar : Hai…

Putra girang tidak karuan, WTF. Ada apa ini, apa yang membuat Damar tiba-tiba menyapanya di Facebook.

Putra : Iah….

Damar : Salam kenal, hehe

Putra : Ia salam kenal balik

Oh ah eh oh…. Putra bingung, dia harus ngomong apa. Padahal ia tidak ingin chat segera berakhir.

Damar : Foto Profilnya lucu, suka suka

Putra : Eh makasih Damar, iya itu aku foto sama Hamster aku… haha

Damar : Hm… tinggal dimana? Di profil kok ditulis seoul

Putra : Aih… hehe ia habis iseng aja nulis begitu. Aku tinggal di Medan, Kamu?

Damar : Jakarta Selatan, tepatnya di Pondok Indah

Putra : Oh… ada hantunya yah rumahnya? Kaya di film-film

Damar : Haih, konyol… ya nggak adalah. Hehe aku lagi stalking FB kamu nih, suka lihat foto-fotonya

Putra : Hah? Jadi malu… maaf sedikit narsis…

Damar : Ya gapapa, cakep ini

Putra : Dari hongkong…

Damar : Thanks udah ngelike status gue terus, walo ga penting status gue hahaha

Putra : Hehe… ia sama-sama

Putra berfikir, yakali dia jangan girang dulu. Kali-kali Damar hobi ngechat orang-orang. Jadi dia jangan kegeeran dulu. Wajar mungkin dia tahu Akun Putra, mungkin saat dia buat status, pemberitahuan pertama yang masuk mungkin Like dia.

Tiba-tiba Damar off… ada raut kecewa diwajah Putra. Mungkin begini rasanya kagum, saat orang yang dikagumi menyapanya. Perasaan jadi campur aduk. Tapi inikan dunia maya. Semua bisa direkayasa, mau jadi apapun kamu mau jadi siapapun kamu. Terserahlah…

Damar : Haha koneksi terputus Mr. Hamster

Putra : Haih kok manggil Mr. Hamster dasar Pangeran Jeruk

Damar : Iah, ikut manggil-manggil juga… malam minggu kemana?

Putra : Ya aku Cuma dikamar aja, habis bingung mau kemana… ga ada temen juga…

Damar : Ciehhh bohong aja, terus pacarnya kemana?

Putra : Ga punya pacar, mana ada yang mau sama aku hahaha

Damar : Bisa aja ini, bohong banget kalo nggak ada yang mau, hm… boleh minta…

Putra : Minta apa?

Damar : No. Hape hehe kalo boleh sih, yah kalo ngga ya gapapa

Putra :  Eh… Pangeran Jeruk.. ini nomor aku, pake XL 081808XXXXXX

Damar : Oke makasih… kapan-kapan ngobrol ya Mr. Hamster

Hah, entahlah Putra ketawa-tawa tidak karuan. Baru kali ini ia segirang ini. Bagaimana tidak, akhirnya dia disapa Damar duluan.

****

Minggu Pagi, setiap biasa Putra bangun ogah-ogahan. Walau di luar Mama sudah memanggilnya untuk segera bangun dan sarapan bersama. Semenjak telat daftar SMPTN karena kesalahannya, Putra harus menunggu hampir setahun lagi untuk kuliah ke kampus Faforitnya. UI. Yah, dari kelas satu SMA Putra sudah bercita-cita kuliah di UI. Kembali lagi, Putra terbangun saat hapenya berdering, satu nomor masuk.

“Halo…” suara lembut mengawali percakapan

“Halo Mr. Hamster, sudah bangunkah? Lagi apa?”

“Hah? Pangeran jeruk! Hehehe… baru bangun tidur”

“Haih, gimana mau punya pacar kalo bangunnya saja suka kesiangan”

“Hehe, gapapalah, lagian ngga ada yang mau juga sama aku”

“Yakin? Kalo ada yang mau gimana?”

“Haha udah ah bercandaanya. Eh iya, kamu tinggal di Jakartanya dimananya? Deket sama UI?”

“Gue di Jaksel, UI? Lumayan jauh ya tapi ga jauh-jauh banget. Emang kenapa? Mau kuliah di UI?”

“Iya doain ya keterima tahun depan, soalnya kemarin telat daftar.”

“Iya amin-amin, biar deket. Biar bisa dipacarin...”

“Haha, maksudnya apa ini ngomong gitu Pangeran jeruk?”

“Haha ga ga ga, Cuma iseng aja”

Semenjak perkenalan itu, keduanya begitu intens berinteraksi. Bahkan semuanya sudah saling tukar entah itu pin bbm, path, instagram. Entahlah… Hari-hari Putra semakin berwarna. Apalagi dia yang tidak punya kegiatan apa-apa terlalu fokus sama Damar.

Kini setidaknya Putra sudah mengenal Damar lewat cerita-ceritanya. Bahkan Putra sudah tahu alamat jelas Damar, jadi sewaktu-waktu mau main keKosanya dia sudah tahu. Dan Putra baru tahu kalau Damar bukan orang Jakarta asli, melainkan dari Bandung. Walau hubungan mereka dari jarak jauh tapi mereka saling berusaha mengenal.

****

“Anying… jadi lo ngedeketin anak medan itu? Lo gila yah, stok maho Di Jakarta bertebaran, nyet. Ngapain lu jauh-jauh. Yang deket aja kebukti banyak yang ga setia, apalagi jauh” ujar Verdan malam hari di starbucks

“Yaudahlah, lagian gue ngerasa dia emang baik, Dan. Udah gitu kayaknya masih Polos, lo bayangin umurnya aja baru 18 Tahun, baru lulus SMA tahun kemaren”

“Jrit, jangan bikin gue geli deh. Lu ga usah drama-dramaan sama anak bau kencur gitu”

“Setan… gue aja baru umur 22 nyet, beda empat tahun doang”

“Yaiyah, tapi lo tahu pergaulan homo sekarang gimana. Umur ga menjamin. Udah-udah, mending lu deketin yang ada disini-sini aja. Soalnya akhir-akhir ini gue udah lihat gejala-gejala lu udah mulai ga waras. Suka senyum-senyum sendiri.”

“Haha tandanya gue emang udah suka kali yah ama tuh anak. Padahal di Fb aja banyak banget yang nge’Hai dari mana-mana. Ga tau kenapa gue sreg aja sama dia. Ga dibuat-buat, ga modus. Yang pasti kelihatan masih polosnya bukan pura-pura polos kaya maho yang bisa dientot karena lihat tampang gue.”

“Hahaha… yaudahlah terserah juga. Tapi lo bisa apa, pacaran jauh-jauh gitu. Yang ada lo Cuma bisa dengerin suara dia sambil colay”

“Anjing, ga segila itu juga gue. Dan yang pasti calon gue ini bener-bener Fresh from oven.”

“Gila lu! Entah lu pakenya di mimpi ya”

“Setan! Gue ga sebejad itu. Lagian juga bentar lagi dia kayaknya mau ke Jakarta… kan mau kuliah disini”

****

“Aku suka sama kamu, mau ga kamu jadi pacar aku” suara dari Sebrang

Putra nganga. Dia ga bisa ngomong apa-apa. Entah ini mimpi apa bukan, yang jelas perkenalan waktu sebulan udah buat Damar bilang suka sama dia. Putra yang sudah naksir jauh-jauh hari, akhirnya mengiyakan. Walau dia bingung pacaran seperti apa maksudnya. Secara dia sadar, Putra dan Damar jarkanya lumayan jauh. Bagaimana bisa ketemu. Bagaimana Damar bisa tiba-tiba bilang pengen jadi pacarnya. Ah entahlah, yang pasti dijalani saja.

“Iya, aku mau”

“Haha makasih sayang…”

“Eh Pangeran jeruk, manggil aku sayang”

“Coba kalo deket udah aku peluk sini”

“Hehe jangan buat aku meleleh sayang, hehe agak canggung ngomongnya. Gimana yah”

“Yaudah belajar dulu, nanti terbiasa hahaha”

Semenjak hari itu Damar dan Putra sudah jadian. Bahkan Damar janji kalau nanti maret bisa cuti Damar akan menyempatkan waktunya untuk main ke Medan.

Setiap hari Putra dan Damar intens berhubungan lewat semua social media. Tak heran jika teman-teman Damar banyak yang menuduhnya gila karena suka ketawa-tawa sendiri.

Semenjak hari itu mereka suka tukar-tukaran foto, paket, dll. Entah apa yang ada dipikiran Damar.

****

“Coba kita dekat yah sayang” ujar Putra

“Emang kenapa, Beb?”

“Aku pengen ketemu kamu. Pengen meluk kamu.”

“Hehe sabar, maret aku kesana yah.”

“Iya sebulan lagi, huhuhu… aku udah ngelingkarin dari tanggal 15 februari”

“Haha doain aja sayang, moga aku cutinya di Aprove, ini juga udah ngajuin jauh-jauh hari”

“Hehe ia sayang, amin”

“Beb…”

“Iah,”

“Kamu udah tahu konsekuensinya pacaran didunia kaya gini?”

“Hm… maksud kamu”

Damar menjelaskan dengan pelan.

“Iya aku belum pernah sama sekali, sumpah deh. Aku takut jadinya”

“Hehe ga usah takut… yaudah lupain aja. Oh iya kamu jadi mau daftar kemana UI apa Trisakti?”

“Hm… mungkin Trisakti jadinya, soalnya kata Mama sodara Mama rumahnya deket kampus situ. Aku belum dibolehin kos sendiri sebelum semester empat”

“Oh… nantinya deket ya sayang. Tiap hari nanti aku main sepulang kerja”

“Oh oke-oke, sekalian traktir aku iya” Putra ketawa

“Haha siap, mau di traktir kemana?”

“Pengennya main ke dufan, aku belum pernah”

“Oh hehe”

****

Damar masih sibuk berkutat dengan Macbooknya. Namun tiba-tiba seseorang mengetuk pintu kosannya. Setelah mematikan, Damar buru-buru membuka pintu kosannya. Seseorang langsung masuk dan menangis dipelukannya.

“Damar, aku minta maaf.” Seseorang yang pergi di masa lalunya, kini datang lagi. Damar buru-buru memeluknya dengan erat. Dialah Dery cowok yang selama ini buat Damar susah Move On. Dery yang selama ini hidup bersama semenjak kuliah sampai setahun silam dan Dery yang sekarang sudah terlihat jauh berbeda.

“Kamu kenapa?”

“Ngga tahu yang pasti aku… aku bingung.”

“Tenangin diri kamu dulu, yaudah aku ambil minum dulu”

Walau kenyataanya Damar sudah disakiti, Dery tetaplah Dery orang yang paling ia sayang. Dan tanpa sadar dia sudah mengabaikan seseorang yang sudah berkali-kali sms, telp.

****

“Yang, gimana cutinya? Hehe ternyata ga kerasa lima belas hari lagi.”

“Sebelumnya aku minta maaf, Tra. Sepertinya aku ga bisa kesana. Ya, mungkin aku sudah berfikir seminggu kebelakang ini, aku ga bisa terus-terus janji atau berharap sesuatu yang belum pasti. Aku mutusin buat ngudahin semua ini. Aku bener-bener minta maaf kalo ada salah selama ini. Ya semoga nanti kamu bisa bahagia dengan hidup kamu. Kita belum ketemu, belum saling mengenal lewat dunia nyata”

Bagai disambar petir. Putra terdiam, bibirnya terasa kelu. Lambat laun ia tidak kuat menahan tangis, walau yang terdengar hanya isakan.

“Belajar untuk menghargai setiap keputusan yah, Tra. Kita hidup jauh, toh belum tentu saat kamu ketemu aku, aku bisa sesuai yang kamu harepin”

“Ia”

“Kamu ngga papa kan?”

“Ia ngga papa, yang aku rasakan Cuma ada sakit yang tiba-tiba muncul, yang sebelumnya belum pernah aku rasain.”

“Kamu harus kuat. Semangat buat kuliah kamu nanti, kapan-kapan kalo ada waktu aku main”

“Hehe ia” Putra berusa tersenyum

Telfon terputus.

Putra nangis sejadinya.

****

Sudah hampir dua bulan Putra berusaha tersenyum walau kadang ia menangis juga. Ya dia harus mempersiapkan diri untuk ke Jakarta. Walaupun kini tujuannya satu, fokus kuliah. Sesekali dia masih mantengin facebook Damar yang sekarang tanpa status baru. Terakhir ia lihat Damar bersama mantannya di Resto kelapa gading lapiaza. Putra mengerti, apalah dia, Cuma sosok yang belum nyata. Bagaimana bisa ia bersaing dengan masa lalu Damar. Yang nyatanya Dery, jauh lebih dari segalanya. Apalagi Damar yang belum bisa Move On dari Dery.

“Di Jakarta jaga diri ya sayang, oh iya inget jangan bandel. Mama pesen sama kamu. Kamu nurut sama Tante Maria”

“Ia Mah, Putra janji”

****

JAKARTA

Putra sudah sampai di Jakarta. Dia tinggal di Tanjung Duren, ikut dengan Tantenya. Ya mulai sekarang dia harus berjauhan dengan Mama yang begitu menyayanginya. Tapi begitu juga dengan Tantenya, ia begitu sayang padanya. Lantaran sampai detik inipun Tantenya belum memiliki momongan, walau sudah enam tahun menikah.

Putra sibuk membereskan berkas-berkas. Sedangkan pendaftaran dan semuanya sudah selesai tinggal nunggu test. Dan semoga bisa masuk, tapi Putra tetap optimis. Kalaupun gagal, ya udah ada tempat alternatif lain.

PING!

PING!

Ping BBM Masuk, Putra melihat ada nama Damar. Dia hanya Read kemudian membiarkan. Mungkin Damar tahu

“Kamu sudah di Jakarta?”

“Iah…”

“Gimana kabar kamu?”

“Baik”

“Maafin aku”

“Untuk?”

“Iya dulu udah ninggalin kamu”

“Gapapa”

“Kamu berubah”

“Karena kamu”

“Maaf”

“Sudah cukup, bahagia sama hidup kamu”

“Aku pengen ketemu”

“Untuk apa?”

“Meminta maaf”

“Tidak ada yang salah, bukanya kamu pernah bilang harus menerima setiap keputusan. Kalau orang punya jalan hidup masing-masing”

“Ia, tapi aku pengen ketemu”

“Aku tidak tahu Jakarta”

“Biar aku yang kesana”

“Hm…”

“Dimana?”

“Yang aku tahu dekat Hotel Ciputra”

“Oke aku kesana, sekarang bisakah? Mumpung weekend, sekalian ada janji yang belum aku penuhi, teraktir kamu ke dufan”

“Ngga perlu”

“Yaudah sekedar say hai”

“Oke”

“Jam Tujuh malam aku sampe kesana”

“Oke, aku izin dulu.”

“Kamu tidak kos?”

“Ngga”

“Sip”

****

“Aku yang pake sweater putih” Ujar Putra pada Damar lewat telfon

Damar terdiam saat melihat Putra sudah berdiri didepannya. Sosok remaja mudia usia 18an. Tinggi dengan badan ideal, berambut hitam rapi, kulit putih, dan bermata kecoklatan serta bibir kemerahan. Putra hanya menatap dengan Diam sosok Damar yang dulu diidolakanya, Damar yang dulu buat dia berbulan-bulan menangis.

“Damar” Damar mengulurkan tangannya, Putra membalas
Keduanya berjalan beriringan.

“Ga kebayang kalo dulu pas manja, pengen lihat sekarang” ujar Damar memecahkan keheningan

Putra cuma diam, masih ada luka yang belum kering. Bagaimanapun juga, ia pernah sakit diperlakukan seperti itu.

“Aku ga bisa lama-lama, Cuma ada waktu dua jam”

“Kenapa? Kamu masih marah yah”

“Ngga biasa aja”

“Kekosan aku aja ya, pengen ngomong banyak”

“Nggak perlu”

“Kamu jutek sekarang”

“Biasa aja”

“Oh yaudah, kamu pengen ditraktir makan apa?”

“Apa aja”

“Udah punya pacar”

“Belum”

“Yaudah kita ke BMK aja yah, kamu suka makan bakso”

“Biasa aja”

“Hehe kamu aslinya begini yah”

“Kamunya… udah tahu janji jam tujuh, telat sampe jam delapan, gimana ga bete. Ih…”

“Oh haha jadi ceritanya bete toh. Hehe maaf-maaf”

“Pokoknya hari ini kamu teraktir apa yang aku mau makan, sama sekalian ice cream yah hahaha” akhirnya Putra bisa ketawa juga

Suasana cair. Putra sudah nggak ada waktu buat marah-marah ke Damar atau Jutek. Gimanapun juga Damar pernah jadi bagian hidupnya. Walau kalo boleh jujur perasaan Putra ke Damar masih tetap sama. Ekspetasi Putra tentang Damar masih sama.

“Aku minta maaf yah kalo dulu pernah buat kamu nangis”

“Hehe ia gapapa. Santai aja”

“Ga pernah tahu kalo kamu asik juga aslinya”

“Hehe sorry yah tadi Cuma bete sesaat, aku orangnya ga bisa nyembunyiin ekspresi haha”

“Hehe suka suka… kalo boleh tahu lagi deket sama siapa?”

“Ngga ada, santai aja, hehe tapi sempet takut yah pas tadi berdiri, ada yang ngasih-ngasih kode begitu, aku malah lari. Hehe wajar baru seminggu di Jakarta”

“Hehe ia, kapan-kapan boleh ketemu setiap saat kan”

“Hm…. Kalo diizinin.”

Suasana hening.

“Jujur aku ngerasa bersalah sama kamu. Waktu itu aku dihadepin pilihan sulit. Antara ngelanjutin sama kamu, atau sama mantan aku. Aku memutuskan buat nggak sama dua-duanya. Nyesel sih, aku hubungi kamu lagi nomor ga aktif, bbm pending, diinbox juga susah”

“Hehe ia kemarin sempet ga aku aktifin semuanya”

“Eh pas tahu tahu nulis status Jakarta di BBM”

“Hm…”

“Apa ada kesempatan buat aku?” tanya Damar

Putra hanya tersenyum.

SELESAI

RCL yoh RCL

‪#‎Shan‬

0 komentar:

Posting Komentar